Selasa, 17 Januari 2017

MENCEGAH KECANDUAN ALKOHOL

Mencegah Kecanduan Alkohol

Agar diri kita tidak terjerumus ke dalam ketergantungan alkohol, terapkanlah pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, utamakan makanan bergizi, cegah stres, dan cukup tidur dalam sehari. Jangan abaikan nilai-nilai agama karena cara ini turut memberikan andil dalam upaya mencegah diri kita terjerat minuman beralkohol.
Jika terdapat teman yang gemar minuman keras dan kebetulan mengajak Anda untuk berpartisipasi, maka Anda harus bersikap tegas dan menolak ajakan mereka. Jika perlu, berikan pengertian kepada mereka bahwa Anda tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Pada awalnya mungkin Anda akan dicap tidak menyenangkan atau tidak setia kawan. Risiko ini kerap terjadi di dalam hubungan pertemanan. Namun tetaplah konsisten pada pendirian Anda karena lambat laun mereka pun akan terbiasa dan menghargai diri Anda.
Jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak remaja, waspadailah tanda-tanda berikut ini karena mungkin bisa menjadi sinyal bahwa anak Anda kecanduan minuman beralkohol.
  • Suasana hati dan perilaku yang selalu berubah.
  • Menjadi pendiam dan penyendiri.
  • Tidak lagi tertarik menyalurkan hobi atau tidak tertarik untuk melakukan aktivitas positif.
  • Penurunan prestasi di sekolah atau kampus.
  • Mata terlihat sayu dan merah.
  • Daya ingat berkurang dan perubahan gaya bicara.
  • Menjadi malas dalam mengurus penampilan dan kebersihan badan.
  • Berteman dengan orang-orang yang dicurigai sebagai peminum.
Sebagai orang tua, kita harus selalu menjalin keakraban dan komunikasi dengan anak tanpa membuat mereka merasa tidak nyaman. Lakukanlah pendekatan selayaknya orang tua yang penuh kasih sayang dan pengertian. Jelaskan kepada mereka mengenai bahaya kecanduan alkohol dan beri mereka gambaran mengenai akibatnya jika sampai kecanduan zat tersebut. Sampel gambar ini bisa Anda dapat dari buku, internet, atau kehidupan nyata.
Apabila diperlukan, Anda bisa membuat peraturan tegas mengenai alkohol dan sanksi yang anak Anda dapatkan apabila melanggar.

Takaran Aman Konsumsi Alkohol

Berikut ini takaran konsumsi alkohol yang masih terbilang aman bagi kesehatan sesuai dengan presentase kandungannya:
Kandungan alkoholTakaran per hari
Lima persenMaksimal 355 mililiter
Tujuh persenMaksimal 266 mililiter
Dua belas persenMaksimal 148 mililiter
Empat puluh persenMaksimal 44 mililiter

sumber: alodokter,com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar