Rabu, 23 November 2016

PENYAKIT WASIR

Ambeien/ wasir (Hemoroid) adalah pembengkakan pembuluh darah di area rektum. Vena hemoroid terletak di daerah terendah dari rektum dan anus. Kadang-kadang vena tersebut membengkak sehingga dinding pembuluh darah menjadi liat, tipis, dan sakit ketika terlewati feses/tinja.Hemoroid diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum: hemoroid internal dan eksternal.

Hemoroid internal terletak cukup jauh di dalam rektum sehingga tidak dapat terlihat atau dirasakan. Hemoroid internal biasanya tidak terluka karena ada beberapa saraf nyeri di rektum. Perdarahan mungkin satu-satunya tanda bahwa mereka berada di sana. Kadang-kadang hemroid internal menjadi prolaps, atau membesar dan menonjol keluar sfingter anal. Ketika ini terjadi, penderita mungkin dapat melihat atau merasakan vena hemoroid interna ini sebagai suatu bantalan kulit mukosa merah muda yang menonjol dari daerah sekitarnya. Hemoroid yang prolaps dapat terluka. Hemoroid internal yang prolaps dalam stadium awal masih dapat masuk ke dalam rektum sendiri; jika stadiumnya meningkat, maka seringkali penderita perlu memasukkan kembali hemoroid interna dengan cara lembut didorong kembali ke tempatnya sampai pada stadium akhir ketika hemoroid benar-benar tidak mampu didorong masuk kembali, itu artinya sudah mencapai stadium akhir.
Hemoroid eksternal terletak dalam anus dan biasanya menyakitkan. Jika prolaps hemoroid eksternal menuju keluar, penderita dapat melihat dan merasakannya. Gumpalan darah kadang-kadang terbentuk, menyebabkan kondisi yang sangat menyakitkan disebut trombosis. Jika hemoroid eksternal mengalami trombosis, maka warnanya berubah ungu atau biru, dan mungkin bisa berdarah. Meskipun penampakannya menyeramkan, hemoroid yang mengalami trombosis ini biasanya bukanlah sesuatu yang serius, tetapi terasa sangat menyakitkan. Hemoroid yang mengalami trombosis ini akan reda sendiri dalam beberapa minggu. Jika rasa sakit tak tertahankan, kunjungi dokter untuk menghentikan rasa sakit.
Pendarahan dubur dan nyeri apapun harus dievaluasi oleh dokter yang berkualitas; dokter juga mampu mengidentifikasi kondisi yang mengancam jiwa, seperti kanker kolorektal. Namun, hemoroid adalah penyebab terbanyak untuk perdarahan dubur dan biasanya jarang berbahaya, tetapi diagnosis pasti dari perawatan dari dokter memang penting.
Apa Penyebab Wasir?
Sekitar 30%-40% dari orang menderita wasir, dan biasanya terjadi antara usia 20–50 tahun. Para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan wasir. Dinding vena yang lemah – sehingga mengarah ke wasir dan kelainan varises lainnya – dapat diwariskan dari genetik orangtua.


Read more:http://doktersehat.com/hemoroid-ambeien-wasir/#ixzz4QpmwRTR8

Read more:http://doktersehat.com/hemoroid-ambeien-wasir/#ixzz4QpmrXFeY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar