Rabu, 23 November 2016

penyakit tetanus

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri tetanus tadi akan membuat toksin, atau racun, yang menyebabkan kejang otot yang parah. Tetanus bisa sangat berbahaya, tapi Anda bisa mendapatkan suntikan untuk mencegahnya. Tetanus juga disebut “lockjaw” (rahang yang terkunci) karena kejang otot di rahang membuat sulit untuk membuka mulut Anda. Tetanus juga menyebabkan kejang dan membuat sulit bagi Anda untuk menelan atau bernapas.

Read more:http://doktersehat.com/tetanus-1-penyebab-dan-gejala/#ixzz4QpntgZAX


Di Amerika Serikat, kebanyakan orang divaksin (suntikan vaksin) untuk mencegah tetanus, sehingga penyakit ini relatif jarang. Orang-orang yang belum pernah diimunisasi atau belum memiliki booster(tambahan imunisasi) dalam 10 tahun terakhir lebih mungkin untuk mendapatkan tetanus. Ini termasuk orang yang baru saja pindah ke Amerika Serikat dari negara-negara di mana suntikan tetanus masih jarang diberikan.
Apa yang menyebabkan tetanus?
Bakteri yang menyebabkan tetanus disebut Clostridium tetani. Bakteri ini biasanya ditemukan dalam kotoran dan tanah, paling sering di daerah dengan kotoran hewan seperti pertanian dan peternakan. Bakteri ini biasanya masuk ke tubuh melalui luka atau bagian tubuh yang terbuka. Mereka juga dapat masuk ke dalam tubuh melalui suntikan yang kotor, seperti ketika seseorang menyuntikkan obat-obatan terlarang.
Bakteri tumbuh terbaik ketika mereka tidak sekitar oksigen. Luka yang lebih dalam dan sempit, akan memmiliki kadar oksigen yang kurang di sekitarnya, sehingga tetanus lebih mungkin terjadi. Misalnya, bakteri dapat berkembang dalam luka tusukan dari kuku kotor. Semakin kotor luka, semakin tinggi risiko terkena tetanus. Tapi tetanus juga bisa tumbuh di luka yang bersih.
Tetanus tidak menular, sehingga Anda tidak bisa mendapatkannya dari seseorang yang terkena tetanus.
Apa saja gejalanya?
Gejala tetanus muncul perlahan dan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Waktu yang diperlukan untuk gejala muncul setelah terluka berkisar dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Dalam kebanyakan kasus, gejala tetanus muncul dalam waktu 14 hari.


Read more:http://doktersehat.com/tetanus-1-penyebab-dan-gejala/#ixzz4QpnzjrK7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar